Search
Search
Close this search box.

, ,

Jokowi Resmikan Terminal Bus AKAP Tipe A di Samarinda Seberang

Rabu, 28 Februari 2024
Peresmian Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Tipe A Samarinda Seberang oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (28/2/2024). (Istimewa)
Peresmian Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Tipe A Samarinda Seberang oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (28/2/2024). (Istimewa)

Samarinda – Masyarakat Samarinda sangat antusias menyambut peresmian Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Tipe A pada Rabu (28/2/2024). Antusias itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang telah menunggu kehadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Terminal yang berlokasi di Jalan Bung Tomo, Samarinda Seberang ini berada tepat di sisi seberang Sungai Mahakam. Revitalisasi yang dilakukan pemerintah untuk terminal ini pun tak tanggung-tanggung, dengan anggaran sebesar Rp48,7 miliar.

Sejak mulai beroperasi pada Februari 2023, terminal ini telah melayani lebih dari 51.000 penumpang menggunakan lebih dari 3.000 unit kendaraan. Tujuannya, memang untuk mengurai kemacetan dan meningkatkan ketersediaan angkutan umum di Samarinda yang semakin padat.

“Belajar dari Jakarta, kota-kota lainnya, di sini juga harus bersiap diri untuk mengantisipasi kemacetan. Karena saya lihat, Samarinda ini macet dimana-mana. Transportasi massal atau angkutan umum harus diperbanyak agar penggunaan kendaraan pribadi berkurang,” ungkapnya.

Dibangun atas kerja sama pemerintah pusat dan daerah, serta dukungan masyarakat, Terminal Samarinda Seberang menawarkan fasilitas yang sangat dibutuhkan, seperti tempat parkir bus, loket, area pemeriksaan kesehatan, dan ruang tunggu yang nyaman.

Presiden Jokowi pun menekankan kepada masyarakat betapa penting menggunakan angkutan umum dalam rangka mengurangi kemacetan di jalan.

“Dengan memiliki terminal yang memadai, kita berharap masyarakat Samarinda akan lebih banyak menggunakan angkutan umum dalam perjalanan mereka sehari-hari,” kata orang nomor satu di Indonesia itu.

Dengan memberikan aksesibilitas bagi orang dengan kebutuhan khusus, terminal ini akan menjadi role model untuk daerah lain yang ada di Indonesia. Harapannya, infrastruktur yang telah dibangun ini dapat diakses dan dinikmati seluruh masyarakat.

Diakhir kata, Presiden Jokowi berharap agar terminal ini menjadi pusat aktivitas ekonomi baru di daerah Samarinda Seberang. Dengan kata lain, terminal ini merupakan potensi besar untuk perkembangan transportasi di daerah ini.

“Terminalnya sudah bersih, rapi dan tertata. Semoga masyarakat berbondong-bondong menggunakan transportasi umum, mereka bisa berpergian ke Balikpapan atau ke Banjarmasin dari Samarinda,” tutupnya.

BERITA LAINNYA