Search
Search
Close this search box.

,

Indonesia Melaju di Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah Mengalahkan Vietnam

Jumat, 22 Maret 2024
Foto: Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam dengan skor 1-0.
Foto: Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam dengan skor 1-0.

Jakarta – Pertandingan antara Indonesia dan Vietnam terjadi sangat sengit dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Pada Kamis (21/3/2024), Indonesia berhasil mengamankan kemenangan atas Vietnam dengan skor tipis 1-0. Euforia yang sangat meriah menyelimuti pendukung tim Garuda saat Egy Maulana Vikri menjadi pahlawan dengan gol tunggalnya, membawa Indonesia meraih tiga poin penting.

Gol tersebut tercipta pada menit ke-52 setelah umpan brilian dari Pratama Arhan yang disambut dengan sepakan mematikan dari Egy, yang tak mampu dibendung oleh kiper Vietnam, Filip Nguyen.

Meskipun Vietnam tampil sangat agresif sejak awal pertandingan dan mencoba untuk menguasai jalannya permainan, pertahanan kokoh Indonesia berhasil menahan serangan-serangan lawan.

Kiper Indonesia, Muhammad Adisatryo, juga tak mau kalah, ia benar-benar tampil dengan sangat maksimal, berusaha melakukan penyelamatan penting yang menjaga gawangnya tetap bersih.

Hingga memasuki jeda, kedua tim gagal mencetak gol sehingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Karena itu, Pelatih Shin Tae-yong melakukan beberapa pergantian pemain pada babak kedua. Keputusan memasukkan Egy Maulana Vikri, Sandy Walsh, dan Pratama Arhan untuk menggantikan Nathan, Yakob Sayuri, dan Hokky Caraka, dianggap sangat tepat.

Gol pertama Indonesia pun berhasil dicetak ketika Arhan memberikan assist kepada Egy pada menit ke-52. Dimana, Egy memberikan gol tunggal membuat stadion bergemuruh dan memberi keunggulan bagi Indonesia.

Meskipun Vietnam mencoba keras untuk menyamakan kedudukan, pertahanan Garuda berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Indonesia naik ke peringkat kedua dalam klasemen Grup F dengan empat poin dari tiga pertandingan. Sementara itu, Vietnam turun ke posisi ketiga dengan tiga poin. Kedua tim akan kembali bertemu di Hanoi dalam pertandingan lanjutan pada tanggal 26 Maret mendatang.

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Adisatryo; Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On (Egy Maulana Vikri 46′), Rizky Ridho (Ricky Kambuaya 80′), Justin Hubner; Yakob Sayuri (Sandy Walsh 46′), Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick (Ramadhan Sananta 87′), Hokky Caraka (Pratama Arhan 46′).

Vietnam: Nguyen Filip; Vo Minh Trong (Ho Tan Tai 73′), Bui Tien Dung (Nguyen Van Toan 82′), Pham Xuan Manh, Do Hung Dung (Le Pham Thanh Long 73′), Nham Manh Dung (Nguyen Tien Linh 61′), Phan Tuan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Dinh Bac (Vu Van Thanh 61′), Nguyen Thai Son, Bui Hoang Viet Ang.

BERITA LAINNYA