Search
Search
Close this search box.

,

Pemerintah Kukar Dorong Event Tahunan untuk Promosi Destinasi Wisata Lokal

Kamis, 28 Maret 2024
Foto : Event Kukar Kaya Festival yang digelar di beberapa Kecamatan yang ada di Kukar (Istimewa)
Foto : Event Kukar Kaya Festival yang digelar di beberapa Kecamatan yang ada di Kukar (Istimewa)

Liputanborneo.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar meminta pemerintah setempat untuk menggelar event tahunan guna memperkenalkan destinasi wisata lokal secara lebih luas.

Langkah ini diambil untuk memberikan ruang kepada pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan pengelola destinasi wisata di tiap desa dan kelurahan untuk memamerkan produk unggulan mereka.

“Setiap desa diharapkan mengadakan event sebagai bagian dari upaya memberikan kesempatan kepada pelaku Ekraf kita dan untuk mempromosikan potensi wisata,” ujar Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar.

Menurutnya, penyelenggaraan event ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kukar yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ekonomi lokal.

Tritayma juga menekankan bahwa event-event yang digelar di setiap desa tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tetapi juga menjadi ajang untuk memperkenalkan potensi desa kepada masyarakat luas.

“Dampak positif dari event tersebut sangat signifikan, oleh karena itu penting bagi setiap daerah untuk mengadakan event yang dapat menarik pengunjung dan mempromosikan potensi daerahnya,” tambahnya.

Sebagai contoh, Tritayma menyebut kesuksesan Kukar Kaya Festival yang diselenggarakan di beberapa kecamatan dan desa pada tahun sebelumnya, yang berhasil menarik minat ribuan pengunjung dari berbagai daerah di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Ini merupakan peluang untuk memperkenalkan produk dan destinasi wisata desa kepada masyarakat lebih luas,” tandasnya.

Penulis : Reihan Noor

BERITA LAINNYA