Search
Search
Close this search box.

,

Agenda Utama 2024 dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Minggu, 31 Maret 2024
Foto: ILUSTRASI- Event Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) yang berlangsung meriah di Kota Raja.
Foto: ILUSTRASI- Event Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) yang berlangsung meriah di Kota Raja.

Liputanborneo.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana menggelar 40 event sepanjang tahun 2024. Kegiatan tersebut akan tersebar di seluruh wilayah Kukar, dari wilayah tengah hingga pesisir, dan akan diselenggarakan oleh berbagai tingkat, mulai dari kabupaten hingga tingkat desa dan kelurahan.

Dalam upaya menyukseskan acara-acara tersebut, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar akan melibatkan berbagai pihak seperti Kekraf Kukar, pelaku usaha, pelaku UMKM, pelaku seni dan budaya, serta pihak terkait lainnya.

Event dan festival ini merupakan bagian dari Program Kukar Kaya Festival yang merupakan bagian dari visi ke-3 masa kepemimpinan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, yang juga sudah termasuk untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar tahun 2021-2026.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma, mengungkapkan bahwa selama periode 2021-2026, rencananya akan ada 100 festival dan event yang diselenggarakan. Penambahan anggaran pada Perubahan (APBD) juga dapat dipertimbangkan untuk penguatan event tersebut.

Menurut Triyatma, penyelenggaraan event dan festival di Kukar juga sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk mengentaskan kemiskinan dan menguatkan ekonomi kerakyatan, dengan dampak positif yang akan dirasakan oleh masyarakat secara nyata.

Salah satu tujuan dari penyelenggaraan event tersebut adalah untuk meningkatkan jumlah wisatawan, mengisi homestay dan hotel, serta memberikan dampak ekonomi positif bagi pelaku UMKM dan pelaku seni, baik lokal maupun dari luar daerah.

Dari total 40 event yang direncanakan, beberapa di antaranya adalah Peringatan Peristiwa Merah Putih, Festival Ogoh-ogoh, Pesta Laut Pesisir, Milenial Hijrah Festival, Kukar Land Festival, dan Festival Budaya Kutai Adat Lawas.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dispar Kukar juga telah mempersiapkan sejumlah acara untuk digelar pada waktu dekat, seperti KFBN, Erau Sabintulung, Festival Danau Semayang, Festival Kota Raja, Erau Adat Kutai, dan Tenggarong Kutai Carnival.

Beberapa acara sudah berlangsung, sementara yang lain masih dalam tahap persiapan untuk dilaksanakan.

Penulis : Reihan Noor

BERITA LAINNYA