Search
Search
Close this search box.

,

Mengangkat Potensi Wisata Kukar Siap Menjadi Destinasi Unggulan di Kalimantan Timur

Minggu, 31 Maret 2024
Foto: ILUSTRASI- Objek wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Foto: ILUSTRASI- Objek wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Liputanborneo.com, Tenggarong – Dalam rangka menggenjot kunjungan wisatawan ke Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar menggulirkan rencana pengembangan terhadap delapan destinasi wisata menarik.

Destinasi-pariwisata tersebut mencakup keindahan Waduk Panji Sukarame, suguhan edukatif Planetarium Tenggarong, serta pesona Pulau Kumala yang memikat. Selain itu, berbagai lokasi menarik lainnya seperti kawasan rekreasi Temanggungan, spot memancing yang mengasyikkan, ikoniknya Monumen Tugu Equator, kecantikan Pantai Tanah Merah, dan pesona alam Pengempang juga akan mendapat peningkatan fasilitas.

Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara, M. Ridha Fatrianta menegaskan, bahwa upaya pengembangan ini tidak hanya bertujuan untuk menarik wisatawan, tetapi juga untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dari delapan objek wisata tersebut, hanya tiga yang saat ini memberikan kontribusi PAD, yaitu Waduk Panji, Pulau Kumala di Kecamatan Tenggarong, dan Pantai Tanah Merah di Samboja.

“Kami berkomitmen untuk membenahi semua objek wisata yang ada. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kukar dan tentunya akan berdampak positif pada PAD Kukar,” ujar Ridha pada Rabu (13/3/2024).

Selain upaya pembenahan infrastruktur, Dinas Pariwisata juga intens mempromosikan objek wisata di Kutai Kartanegara. Dengan strategi promosi yang kuat, diharapkan akan terjadi peningkatan jumlah wisatawan, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan membuka peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal.

 

Penulis: Reihan Noor

BERITA LAINNYA