Search
Search
Close this search box.

,

Rendi Solihin Menaruh Harapan besar pada Tim Jurnalistik PWI Kaltim yang akan Bertanding dalam Porwanas 2024

Selasa, 16 April 2024
Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin. (Foto: Istimewa)
Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin. (Foto: Istimewa)

Kutai Kartanegara – Wakil Bupati Rendi Solihin dengan tulus menitipkan harapan besar pada tim Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan bertanding dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV/2024.

Dalam pernyataan Rendi, yang disampaikan pada Jumat (12/4/2024), ia menegaskan bahwa peran pers bukan hanya sebagai pilar demokrasi saja, tetapi juga sebagai motor penggerak pembangunan yang berkelanjutan di daerah.

“Pers merupakan pilar demokrasi sehingga wajar mendapat dukungan dari banyak pihak. Selain itu, keberhasilan tim jurnalistik di ajang nasional tentu ikut mengharumkan nama Kaltim,” ujarnya.

Dengan keyakinan kuat, Rendi menyatakan bahwa kualitas jurnalistik di daerah mampu bersaing dan bahkan setara dengan produk jurnalistik di tingkat Nasional.

“Saya menaruh harapan besar pada tim jurnalistik PWI Kaltim untuk meraih prestasi gemilang di Porwanas XIV/2024,” terangnya.

Rendi Solihin yang juga menjadi bapak asuh bagi tim jurnalistik PWI Kaltim di Porwanas, menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), termasuk dalam bidang jurnalisme, terutama dengan adanya Ibukota Negara (IKN) di pulau Kalimantan.

“Pemindahan IKN ke Kaltim menuntut kita untuk terus meningkatkan kualitas SDM di segala bidang, termasuk di bidang pers,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kesuksesan tim jurnalistik PWI Kaltim dalam Porwanas XIV/2024 bukan hanya akan mengharumkan nama daerah, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa Kaltim memiliki potensi besar dalam menghasilkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas.

Hal itu terbukti karena Tim jurnalistik PWI Kaltim menjadi andalan dalam Porwanas. Pasalnya, mereka berhasil memperoleh medali saat berpartisipasi dalam Porwanas sebelumnya.

Pada Porwanas XII/2016 di Jawa Barat, kontingen Kaltim berhasil meraih medali emas untuk nomor karya tulis jurnalistik. Sementara pada Porwanas XIII/2022 di Jawa Timur, mereka berhasil meraih medali perak untuk nomor yang sama.

Porwanas XIV/2024 di Banjarmasin, Kalsel, adalah ajang yang ditunggu-tunggu. Nantinya beber Manajer Tim Jurnalistik PWI Kaltim, Felanans Mustari, pihaknya akan menurunkan sejumlah atlet untuk nomor karya tulis jurnalistik, karya foto jurnalistik, karya radio jurnalistik, dan karya video jurnalistik.

“Persiapan yang dilakukan cabang jurnalistik PWI Kaltim bersama kontingen yang lain, para peserta akan mengadakan uji latih tanding di Banjarmasin pada 16-19 April 2024,” tuturnya.

“Ada 6 medali baik emas, perak, dan perunggu akan diperebutkan di cabang jurnalistik. Kami menargetkan bisa menyabet 2 medali dalam Porwanas XIV/2024,” tambahnya.

Pelaksana Tugas Ketua PWI Provinsi Kaltim, Achmad Shahab, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Rendi Solihin. Menurutnya, dukungan ini meningkatkan kesadaran akan pentingnya jurnalisme berkualitas di tengah masyarakat.

“Kaltim bukan hanya unggul dalam olahraga, tetapi akan kita buktikan bahwa kami juga unggul dalam dunia jurnalistik,” tutupnya.

BERITA LAINNYA