Search
Search
Close this search box.

,

Bangun Patung Soekarno, Wabup Sebut Akan Tambah Nilai-Nilai Sejarah Perjuangan

Sabtu, 20 April 2024
Foto: Kegiatan Safari Ramadan 1445 Hijriah yang dilakukan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin berlanjut di Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga.
Foto: Kegiatan Safari Ramadan 1445 Hijriah yang dilakukan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin berlanjut di Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga.

Liputanborneo.com, TENGGARONG – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin dalam safari Ramdannya menyempatkan diri berkunjung pembangunan monumen patung Bung Karno di Sanga-sanga.

“Monumen Patung Bung Karno itu merupakan sejarah bagi warga Sanga-sanga bukti perjuangan masyarakat mengusir penjajah yang dikenal dengan peristiwa Merah Putih,” kata Rendi.

Dirinya menjelaskan, berdasarkan catatan di markas ranting LVRI Sanga-sanga, hal itu membuat rakyat Sangasanga bersikeras mengusir Belanda dengan melakukan perlawanan tiada henti.

Selain itu, pihaknya menjelaskan bahwa setiap tahunnya masyarakat sekitar selalu menggelar upacara peringatan peristiwa perjuangan Merah Putih setiap 27 Januari. Adapun terkait keberadaan patung tersebut, nantinya akan menjadi monumen terbesar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Tidak salah jika kita bangun Patung Bung Karno di Sangasanga, yang dikenal sebagai Kota Juang di Kaltim, dengan peristiwa Merah Putih yang telah dikenal secara nasional,” terangnya Kepada Wartawan Sabtu (23/3) kemarin.

Ia menilai, patung tersebut akan menambah nilai historis di Kukar serta mempromosikan kekayaan budaya dan sejarah kepada generasi mendatang dan pengunjung dari berbagai penjuru dunia.

“Dengan adanya Patung Bung Karno, ini akan semakin menambah kekayaan kita tentang nilai-nilah sejarah perjuangan kemerdekaan,” jelasnya.

Keberadaan sejarah Sanga-sanga sebagai kota juang menjadi daya tarik wisatawan dan pihaknya ingin dunia tahunahwa masuarakat Kukar terutama Sanga-sanga turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Di samping itu, pihaknya juga mendukung perekonomian masyarakat setempat, Pemerintah Kabupaten akan menyediakan area yang diperuntukan bagi pelaku UMKM serta permainan anak-anak.

“Selain pelaku UMKM, pedagang-pedagang yang berjualan di pinggir jalan, dari simpang tiga hingga lapangan sepak bola, akan kita relokasi ke taman itu,” bebernya.

Politikus PDI Perjuangan itu juga menambahkan, bahwa relokasi pedagang yang berjualan di pinggir jalan, tak terlepas dari rencana Pemkab Kukar untuk melebarkan jalan utama.

Seperti diketahui dalam kunjungan ke beberapa daerah kegiatan Safari Ramadhan, Rendi Solihin selalu menyempatkan diri untuk berkeliling, meninjau sejumlah pengerjaan proyek, maupun berdialog dengan masyarakat setempat.

Penulis : Bayu Andalas Putra

BERITA LAINNYA