Search
Search
Close this search box.

,

Meriahkan Festival Ramadan, Kelurahan Baru Gelar Lomba Begera’an Sahur

Minggu, 31 Maret 2024
Foto: ILUSTRASI- Tradisi Begera'an Sahur akan kembali memeriahkan bulan Ramadan di Kelurahan Baru, Tenggarong, pada 30 Maret 2024 mendatang.
Foto: ILUSTRASI- Tradisi Begera'an Sahur akan kembali memeriahkan bulan Ramadan di Kelurahan Baru, Tenggarong, pada 30 Maret 2024 mendatang.

Liputanborneo.com, TENGGARONG – Pemerintah Kelurahan Baru telah menggelar lomba Begera’an Sahur pada 30 Maret di Jalan Awang Long Senopati dengan menggandeng Ikatan Remaja Masjid (Irma) KH Muhammad Sadjid.

Lurah Baru Bayu Ramanda Bani Nugraha mengatakan peserta akan memperebutkan Piala Bergilir Yayasan Masjid Jami’ KH Muhammad Sadjid.

Pihaknya telah menyiapkan piala tetap, piagam dan uang pembinaan senilai Rp10 juta. Dirinya menyebut bahwa lomba ini bagian dari berbagai rangkaian kegiatan Ramadan di Kelurahan Baru, selain buka puasa bersama, tarawih dan kuliah subuh.

“Kegiatannya satu hari saja, dari malam sampai subuh dan juaranya langsung diumumkan hari itu juga,” kata Bayu.

Adapun terkait persyaratan yang harus dipenuhi, yakni peserta lomba wajib mengisi dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp100 ribu per tim. Dan jumlah anggota tim minimal 10 orang dan maksimal 15 orang.

Kemudian, ia melanjutkan, penampilan tiap tim akan diberi waktu lima menit dengan membawakan lagu islami dan daerah dan menggunakan alat musik tradisional.

“Tidak boleh menggunakan alat musik elektrik dan drumband, kemudian untuk pakaian bebas pantas, yang penting menutup aurat,” terangnya kepda wartawan Selasa (26/3) kemarin.

Bayu mengungkapkan kegiatan lomba yang menjadi agenda tahunan di masjid Jami’ ini disambut antusias oleh masyarakat. Bahkan pada tahun lalu antusias dari masyarakat sangat banyak dan semua kelurahan ikut berpartisipasi.

“Kami berharap dengan adanya lomba ini dapat mempererat silaturahmi dan memeriahkan kegiatan di bulan suci ramadhan serta mengisi kegiatan yang positif,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

BERITA LAINNYA