Search
Search
Close this search box.

,

Bupati dan Wabup Kukar Bersinergi Berikan Program dan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Senin, 1 April 2024
Foto: Momen Safari Ramadan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wabup Kukar Rendi Solihin.
Foto: Momen Safari Ramadan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wabup Kukar Rendi Solihin.

Liputanborneo.com, TENGGARONG – Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan kemajuan pesat dalam pembangunan dan peningkatan infrastruktur di berbagai sektor unggulan. Hal ini tak lepas dari kepemimpinan visioner Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin yang patut diapresiasi.

Di bawah kepemimpinan mereka, Kukar menorehkan prestasi gemilang dalam menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT). Pada tahun 2023, TPT di Kukar mencapai 4,05 persen, jauh lebih rendah dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 5,66 persen. Pencapaian ini bahkan melampaui target akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang ditetapkan sebesar 4,10 persen.

Kemajuan ekonomi Kukar juga terlihat jelas dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita yang mencapai Rp325,76 juta pada tahun 2022. Angka ini melampaui capaian provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan angka nasional, serta jauh melebihi target akhir RPJMD Kukar sebesar Rp204,69 juta.

Kesuksesan ini menjadi bukti nyata efektivitas strategi pembangunan yang diterapkan oleh Edi dan Rendi. Kemajuan ekonomi yang signifikan di Kukar, tercermin dalam peningkatan PDRB dan penurunan TPT, tak lepas dari inisiatif strategis mereka.

Pendekatan holistik dan inklusif menjadi kunci utama dalam strategi pembangunan ini. Program-program yang diluncurkan membuka peluang baru bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan ide dan inovasi mereka. Jaringan antar wirausaha diperkuat untuk memungkinkan kolaborasi yang lebih luas dan berkelanjutan.

Salah satu program unggulan yang menjadi pendorong utama kemajuan ekonomi kreatif di wilayah ini adalah Program Kukar Kreatif Idaman.

Lebih dari sekadar program biasa, Kukar Kreatif Idaman menjadi simbol transformasi yang berkelanjutan dan inklusif. Dengan semangat pantang menyerah dan visi yang kuat dari Pemerintah Daerah, Kukar menunjukkan bahwa kemajuan ekonomi dan kreativitas dapat berjalan beriringan.

Program ini dirancang untuk memfasilitasi dan mempercepat pertumbuhan sektor ekonomi kreatif, yang menjadi salah satu pilar utama dalam visi pembangunan daerah. Kukar Kreatif Idaman membuka peluang baru bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan ide-ide inovatif mereka, sekaligus memperkuat jaringan antar wirausahawan, memungkinkan kolaborasi yang lebih luas dan berkelanjutan.

Pada Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah lalu, Pihaknya menunjukkan komitmen mereka dengan turun langsung ke tengah masyarakat melalui agenda Safari Ramadan. Mengunjungi 20 kecamatan di seluruh Kukar, mereka tidak hanya bersilaturahmi, tetapi juga membawa berbagai kegiatan bermanfaat, seperti buka puasa bersama, sahur bareng, dan tabligh akbar.

Lebih dari itu, Edi Damansyah dan Rendi Solihin juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat pra sejahtera dan rumah ibadah di setiap agenda Safari Ramadan.

Hal ini disampaikan oleh Wabup Kukar, Rendi Solihin, Ia menyampaikan bahwa kesuksesan Safari Ramadan tidak lepas dari kerja sama yang solid antara keduanya.

“Saya dan Pak Bupati membagi tugas, supaya program-program terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” ungkapnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

BERITA LAINNYA