Search
Search
Close this search box.

,

Hasil Survei CSI, Kepemimpinan Edi Damansyah – Rendi Solihin Memuaskan!

Jumat, 10 Mei 2024
Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.
Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.

Kutai Kartanegara – Survei terbaru dari Curva Survei Indonesia (CSI) dalam rentang waktu 19 – 23 Januari 2024, telah menunjukkan hasil yang positif. Dimana, Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin dinilai sebagai pemimpin yang dapat diandalkan.

Melibatkan sebanyak 1.200 responden dari 20 kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, CSI menggunakan metode survei stratified multistage random sampling dengan margin of error sebesar +/- 2.83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut hasil survei, tingkat kepuasan kinerja pemerintahan Edi-Rendi mencapai angka yang sangat memuaskan, yaitu sebesar 80,92 persen. Bahkan, tingkat kepuasan terhadap Edi Damansyah capai 81,75 persen, dan untuk Rendi Solihin sekitar 74,67 persen.

Peningkatan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan ini tersebar di berbagai bidang, mulai dari menjaga kerukunan antar umat beragama (83,3 persen), peningkatan kegiatan keagamaan (82,2 persen), hingga pelayanan kesehatan (81,4 persen) dan pendidikan (79,2 persen).

Selain itu, masyarakat juga memberikan apresiasi atas pelayanan publik administratif (79,4 persen), menjaga kebersihan dan keindahan kota (76,3 persen), serta menjaga kriminalitas dan keamanan (75,3 persen).

Meskipun demikian, survei juga menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi oleh Edi-Rendi, seperti kebutuhan masyarakat akan lapangan pekerjaan (21,6 persen), bahkan pengendalian harga kebutuhan pokok (20,9 persen), dan penurunan angka pengangguran serta kemiskinan (8,8 persen).

Dijelaskan oleh Direktur Eksekutif CSI, Hendra Yasin, hasil survei ini mencerminkan tingkat kepuasan publik yang cukup tinggi terhadap Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Naik-turunnya penilaian dan persepsi publik terhadap kinerja pemerintah daerah sangat bergantung pada berbagai kebijakan dan dampaknya bagi masyarakat,” ujarnya.

Dengan dukungan yang kuat dari masyarakat, Edi Damansyah – Rendi Solihin berpotensi besar untuk mewujudkan visi pengembangan Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi pusat pertanian, pendidikan, pariwisata, dan perdagangan.

Hal ini sesuai dengan aspirasi publik yang tergambar dalam hasil survei CSI, serta memberikan sinyal kuat bagi perjalanan politik mereka ke depan.

BERITA LAINNYA