Search
Search
Close this search box.

, ,

Isran Noor Panen Kelengkeng di Balai Benih Indukan Hortikultura Terbaik se-Indonesia, Lokasinya Ada di Desa Batuah

Senin, 7 Agustus 2023
Caption: Gubernur Kaltim, Isran Noor panen kelengkeng sekaligus melaunching melaunching Benih Pisang hasil kultur jaringan di UPTD Balai Benih Induk (BBI) Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar). (ist).

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor panen kelengkeng di UPTD Balai Benih Induk (BBI) Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar).

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian/Plt Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Inti Pertiwi Aswari.

Dilansir dari tvonenews.com, selain panen kelengkeng, Isran Noor juga melaunching Benih Pisang hasil kultur jaringan Balai Benih Induk TPH, serta menyerahkan SK penetapan BBI TPH sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Prinsip BLUD itu harus mandiri. Tapi, saya yakin BBI TPH ini selain sumber benih atau menghasilkan bibit, juga mampu meningkatkan pendapatan daerah,” ucap Isran Noor.

Diketahui, BBI TPH Batuah, oleh Menteri Pertanian telah dijadikan contoh mengembangkan kultur jaringan di Indonesia.

“Saya yakin kawasan seluas 35 hektar didukung laboratorium jaringan kulturnya, maka BBI ini akan menjadi penyuplai berbagai benih hortikultura di Kalimantan bahkan Indonesia,” harap Isran.

Sementara itu, Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian/Plt Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional, Inti Pertiwi Aswari mengungkapkan kekagumannya terhadap kawasan dan fasilitas di UPTD BBI TPH Batuah Loa Janan yang dimiliki Pemerintah Provinsi Kaltim, tanpa ada campur dana APBN dari Pemerintah Pusat.

“Inilah contoh satu-satunya Balai Benih Indukan Hortikultura terbaik di Indonesia,” kata Inti.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pangan TPH Siti Farisyah Yana menyebut, tahun ini instansinya mendapat support alokasi dana tambahan untuk merevitalisasi BBI agar berstandar dan memenuhi kebutuhan nasional sebesar Rp46 miliar.

“Kami ada tiga balai benih, yakni BBI TPH di Batuah Loa Janan ini, ada juga BBI di Rempanga dan satunya di Sepaku Semoi Penajam Paser Utara, berdekatan dengan IKN (Ibu Kota Nusantara),” kata Yana.

Pada acara tesebut juga turut hadir anggota DPD RI Nanang Sulaiman, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, anggota TGUP Kaltim Dr Ibrahim, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim dan pimpinan instansi vertikal/kementerian/lembaga di Kaltim, KTNA Kaltim, serta mitra usaha dan suplier.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id).

BERITA LAINNYA