Search
Search
Close this search box.

,

Presiden Jokowi: Indonesia Berpeluang Menuju Indonesia Emas 2045 dengan Pertumbuhan Ekonomi yang Mengesankan

Rabu, 16 Agustus 2023
Teks Foto: Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan HUT RI ke-78, Rabu (16 Agustus 2023).

Portalborneo.or.id, Samarinda – Dalam pidato kenegaraan yang disampaikan dalam peringatan HUT -78 Kemerdekaan Republik Indonesia di DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), secara Virtual, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa peluang-peluang besar untuk meraih posisi sebagai kekuatan ekonomi dunia dimiliki Indonesia.

“Indonesia memiliki peluang besar untuk meraih posisi lima besar sebagai kekuatan ekonomi dunia menjelang tahun 2045. Dengan tema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, saya mengajak bangsa Indonesia untuk bersatu memfokuskan energi pada langkah-langkah maju yang produktif,” tegas Presiden Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menggarisbawahi dua peluang utama yang dapat mendorong Indonesia mencapai Indonesia Emas 2045. Pertama, bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an, dengan 68% penduduk Indonesia berusia produktif. Menurutnya, ini menjadi kunci peningkatan produktivitas nasional.

Peluang kedua adalah kepercayaan internasional terhadap Indonesia yang dibangun melalui peran nyata dan bukti keberanian Indonesia dalam bersikap, bukan hanya sekadar gimik atau retorika semata.

Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud, menyambut baik pidato tersebut dan menuturkan bahwa pidato Presiden Joko Widodo begitu mengakui pencapaian serta harapan ke depan terkait pertumbuhan ekonomi dan pendapatan.

“Upaya yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi harus dipertahankan dan ditingkatkan untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Hasanuddin Mas’ud.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, menambahkan, di usia kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, tentu menjadi harapan bersama agar bangsa Indonesia semakin bisa mensejahterakan rakyatnya.

“Dengan peluang yang dimiliki Indonesia, para pemangku kepentingan diharapkan akan terus bersinergi dan bekerja sama untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” kata Samsun.

Selangkah demi selangkah, bangsa Indonesia berkomitmen untuk menjadikan cita-cita ini kenyataan dalam perjalanan menuju masa depan yang gemilang.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/FRC).

BERITA LAINNYA