Search
Search
Close this search box.

Ganjar Pranowo Rebound, Elektabilitasnya Ungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Minggu, 3 September 2023
Caption: Ganjar Pranowo ikut serta dalam jalan sehat di Klaten. (radar solo)

Liputanborneo.com, Samarinda – Terdapat perubahan pada tingkat elektabilitas tiga bakal calon presiden, yang digadang-gadang bakal maju di Pilpres 2024.

Jika sebelumnya Prabowo Subianto selalu menguasai puncak perolehan elektabilitas, kini Ganjar Pranowo rebound dan berhasil unggul pada hasil survei kali ini.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), Ganjar Pranowo mengalami lonjakan yang tajam dibandingkan periode sebelumnya Juli 2023.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan berdasarkan survei terbaru LSI yang diselenggarakan pada periode 3 hingga 9 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.220 responden menempatkan Ganjar Pranowo di peringkat pertama dengan perolehan 37 persen atau naik 4,8 persen jika dibandingkan Survei LSI pada periode Juli lalu.

Berbeda dengan lawan terberatnya, Prabowo Subianto justru mengalami stagnasi bahkan cenderung menurun.

Setelah bulan Juli 2023 lalu mendapatkan 35,8 persen suara, kini di survei terbaru LSI Prabowo justru merosot 0,5 persen ke 35,5 persen, sebagaimana dilansir dari detik.

Bahkan hasil survei Ganjar Pranowo di simulasi tertutup 3 nama jika dibandingkan tahun lalu, kenaikannya cukup signifikan. Ganjar Pranowo mengalami kenaikan 5,3 persen suara, jika dibandingkan dengan Agustus tahun lalu 2022.

“Ganjar unggul di 37 persen pada Agustus 2023, Prabowo di angka 35,3. Anies 22,2 persen, menurun dengan signifikan. Pertarungan terjadi di Ganjar dengan Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Sebagai informasi tambahan, hasil ini sekaligus menorehkan posisi Ganjar Pranowo yang kuat mengungguli Prabowo di 3 survei berbeda.

Seperti diketahui nama Ganjar Pranowo sebelumnya juga unggul atas Prabowo di Survei Litbang Kompas dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Dalam simulasi Survei Litbang Kompas, Ganjar dipilih oleh 40 persen responden, sementara Prabowo dipilih oleh 36,8 persen responden, dan Anies didukung oleh 23,2 persen responden. Sementara dari survei SMRC, Ganjar mendapat dukungan 35,9%, sementara Prabowo 33,6% dan Anies 20,4%.

BERITA LAINNYA